Pelayanan dalam bidang sosial penting sekali bagi anak cacat yaitu YPAC menyediakan asrama maupun tempat Terapi-terapi diantaranya Fisioterapi, Terapi Okupasi, Terapi Wicara, Terapi Musik, Bina Mandiri maupun, dengan tujuan untuk membantu masyarakat luas yang memerlukan supaya putrra/putrinya bisa mengikuti latihan sehingga ada kemajuan dalam fisik maupun motoriknya akhimya bisa mandiri sekalipun masih dibantu dan tidak selalu menjadi pelayanan. Setelah umur waktu sekolah bisa langsung sekolah di YPAC. Lagi pula yang tinggal di Asrama bisa juga diterima untuk mendapatkan keringanan, tidak perlu antar jemput, bisa belajar rutin secara kelompok. Dan bisa dididik untuk mandiri artinya apa-apa akan latihan sendiri bisa mengerjakan aktivitas sekolah ketrampilan maupun lainnya. Setelah lulus sekolah dan pulang si anak sudah bisa ngurus. Tidak ketinggalan juga di Asrama ada bimbingan Rumah tangga misalnya membersihkan ruangan, mengatur tempat tidur, setrika, lipat baju, mencuci pakaian sendiri justru bisa membantu kerepotan orang tua jelas harus latihan percaya diri.

Memang setelah adanya pencegahan polio sekarang tinggal yang CP. Bagi anak CP memang agak berat dalam membimbing pelajaran maupun lainnya, apa lagi melatih bekerja, sedangkan mengurus badannya sendiri juga sulit disebabkan serba kaku fisiknya. Terdapat juga anak CP. Yang IQ nya rendah dengan sendirinya belajarnya agak lambat.

Berkat bantuan YPAC bagi anak-anak sebagian berhasil dalam ketrampilan, melukis, menjahit, memasak, dan bisa dibanggakan dalam batas seninya. Pokoknya asal banyak ketelatenan membimbing pasti ada hasilnya. Apa laqi bagi anak-anak polio yang dulu diasramakan sebagian besar sudah berhasil. Ada yang usaha buka jahitan, salon, bengkel elektro, bekerja di pemerintah, swasta dan banyak juga lainnya.

Demikianlah sekedar analisa Asrama YPAC selama 50 tahun kebelakang untuk diketahui oleh khalayak ramai sehingga bagi masyarakat yang memerlukan bisa berhubungan dengan YPAC Semarang.